Sejarah mencatat bahwa perkembangan technology otomotif semakin berkembang,maju dan memberikan kemanjaan efektifitas operational optimal yang berindiksi juga kepada efesiensi sumber daya energy dan ramah lingkungn. Persaingan produk terus berlanjut menjanjikan dan menawarkan beberapa kelebihan pada masing-masing produk anyar dari pabrikan sepeda motor Indonesia, produk baru ini tentu telah dijejali dengan technology tinggi nan inovatif.
Yamaha Indonesia melakukan langkah revolusi technology diawali sejak 2007 dengan meluncurkan Yamaha V-Ixion yang telah mengadopsi system Fuel Injection dan disempunakan juga dengan menambahkan 2 fitur andalan Diasill Cylinder serta Frame Delta Box yang memberi kesetabilan tinggi bagi pengendara. Meraih sukses dengan Yamaha V-Ixion FI kemudian Yamaha pada awal 2009 merencanakan melakukan pengembangan technology Fuel Injection pada type model motor lainnya seperti motor jenis Matic, motor bebek dan motor sport lainnya. Hingga 2012 kemarin Ketika YIMM telah yakin dengan technologynya yang telah diadopsi ke motor matic dan motor bebek, meluncurkan Mio-J FI, Soul GT FI dan All New Jupiter Z1 FI, serta menyusul juga All New V-Ixion yang telah memiliki technology baru Yamaha YMJET-FI ( Yamaha Mixture Jet Fuel Injection) dengan segudang kelebihan dan keunggulan dari technologi kompetitor lainnya.
kami ingin sedikit mengupas beberapa kelebihan dari New Jupiter Z1, YIMM sendiri mnyatakan tiga fitur andalan yang ada di Jupiter Z1 diantaranya Power Managament, Low Friction Management dan FI System Management, ketiga fitur ini kemudian didifinisikan sebagai tiga managament System yang mendatangkan keseimbangan Hight PERFORMENT ENGINE 115 cc. mari kita coba jelajahi masing-masing fitur dari ketiga managament systemnya.
POWER MANAGEMENT
Suplai udara rendah hambatan, yang memungkinkan suplai udara yang maksimal dan cepat, menunjang tenaga mesin yang maksimal
Optimasi Cylinder Head, memiliki keuntungan memaksimalkan proses pemasukan udara dan bahan-bahan bakar, agar percampuran lebih homogen / ideal, sehingga menghasilkan tenaga maksimal
Spiny Sleeve Cylinder, satu sistim yang memberi daya rekat yang kuat, sleeve pada cylinder block sehingga memiliki ketahanan yang tinggi dan perambatan panas lebih cepat dibanding cylinder standar
Foget Piston, material piston lebih ringan dan lebih kuat sangat tahan terhadap kompresi dan temperatur tinggi, serta tidak mudah memuai
YZ Crank Technology, daya dan gaya ekselerasi sangat responsip, dan mendukung mesin untuk mendapatkan tenaga yang optimal
New Setting Gear Ratio, menggunakan kopling sentrifugal dan kopling diapragma multiplat yang rendah hentakan, serta torsi gear lebih besar dengan menambah diameter rasio primary gear sehingga mendukung kerja pada kondisi performa tinngi
New Modul Gear Transmition, dengan memperbesar modul gear lebih kuat dan tidak mudah rusak pada kecepatan tinggi
New Muffler Structure, proses maintenance dan repair menjadi lebih praktis, muffler dengan dengan design antara exhaust pipe dan silicer terpisah, hal ini juga menjadikan suara yang lebih hidup, bertenaga dan gagah, ramah lingkungan Sesuai STD EURO-2
LOW PRICTION TECHNOLOGY
Roller Rocker Arm, suara mesin lebih halus dan minim getaran, beban kerja lebih ringan performa mesin meningkat
Double Bearing Camshaft, putaran camshaft lebih rendah Gesekan, bukaan klep menjadi lebih lembut, beban kerja mesin lebih ringan dan performa tenaga mesin lebih maksimal
Thin Ring Piston, ring piston lebih tipis memberi gaya gesek yang rendah sehingga kerja piston lebih ringan menyebabkan kerja mesin lebih ringan performa menjadi meningkat
Low Friction Bearing Transmisi, mendukung mekanisme transmisi menjadi lebih ringan sehingga transper tenaga menjadi lebih maksimal
AC/DC 1 phase Terbuka, Dapat mengurangi beban mesin disaat kondisi batery penuh
FI SYSTEM MANAGEMENT
Adalah sytem suplay bahan bakar dengan mekanisme injection, membentuk system yang saling berkait ban mendukung bekerja berdasarkan sensor-sensor otomatis. Untuk mendukung kinerja motor yang bertenaga dengan suplay bahan bakar yang efisien
Throttle Body body berdiameter 20 mm, Sensor unit yang lebih lengkap dibanding system yang diaplikasikan oleh kompetitor, fuel pump dengan tekanan 294 kpa dan ijector dengan 6 lubangmenghasilkan campuran yang lebih lebut dan homogen
Menggunaka special tool berupa diagnostic tool yang memiliki banyak kelebihan dan system diatur dan dikendalikan secara kompoterisasi dan dapat menyimpan riwayat kerusakan sehingga service lebih efectif dan efisien
Perlu dicatat mengapa Yamaha tidak menggunakan Diasil Cylinder pada type Motor All New Jupiter Z1 seperti pada motor kebanyakan keluaran Yamaha, tentu hal ini menarik untuk diketahui, menurut pandangan kami dengan technology yang diusung Z1 saat ini memungkin sekali untuk meningkatkan power dan kapasitas mesin, mungkin halini menjadi salah satu alasan Yamaha memilih cylinder jenis SPINY SLEEVE CYLINDER membuka peluang untuk kita melakukan Bore UP atau meningkatkan kapasitas cylinder.(endcorner)
0 komentar:
Posting Komentar